Jumat, 25 Januari 2013

MATERI IPS (1) PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI

A.    PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI
Teknologi produksi adalah teknik perindustrian dengan menggunakan mesin-mesin. Perkembangan teknologi dari masa ke masa untuk mempermudah kegiatan yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
 Gambar. Mobil merupakan alat transportasi yang selalu mengalami perkembangan
 
    1.      Jenis Teknologi Masa Lalu dan Masa Kini
Pada zaman dahulu semua orang tergantung hidupnya dengan lingkungan sekitar. Misalnya teknologi mengolah sawah, dahulu orang menggunakan lembu untuk membajak, namun sekarang menggunakan traktor. Dalam membuat pakaian, dahulu dengan  jalan memintal dari kapas kemudian menjadi benang, kemudian dari benang lalu ditenun secara tradisional. Setelah jadi lalu dibawa kepenjahit dan jadilah pakaian yang diinginkan. Jika orang sakit cukup mengambil daun-daun atau tumbuhan yang ada di sekitar lalu diminum. Tetapi pada saat ini orang sakit dibawa ke dokter untuk diobati.
Gambar. mengangkut hasil pertanian menggunakan tenaga kerja
Gambar. memotong padi dengan menggunakan tenaga mesin
1.      Proses Produksi
Agar bahan-bahan digunakan untuk pemenuhan segala kebutuhan, maka haruslah melalui suatu proses produksi. Jika bahan cukup berkualitas dan diolah dengan baik, maka akan menghasilkan barang yang berkualitas pula.
           2.      Bahan Baku yang dapat Menghasilkan Beberapa Macaam Barang Jadi
Setiap bahan baku memiliki lebih dari satu kegunaan. Karena pada saat pemprosesan dan pengolahannya berbeda-beda maka dapat menghasilkan barang jadi yang berbeda pula. Selain itu setiap bahan baku memiliki kandungan zat yang berbeda-beda. Sehingga nilai jualnya pun beda.
Banyak bahan baku yang dapat dibuat menjadi beberapa bahan jadi. Misalnya kelapa, ketela pohon, kedelai, kacang, kayu, batu, dan lainnya.
            B.    PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Manusia adalah sebagai makhluk individu dan juga sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia akan selalu berhubungan dengan manusia lainnya. Hubungan dapat dilakukan secara perorangan atau bisa juga kelompok. Hasilnya dapat menimbulkna adanya pertukaran informasi yang disebut komunikasi. Komunikasi dapat terjadi secara langsung antara kedua belah pihak. Misalnya, Udin ingin bertanya letak Kantor Pos. Dia harus menanyakan kepada polisi yang kebetulan berada didekatnya. Dari tanya-jawab tersebut, akhirnya udin mengetahui dimana letak kantor POS. Dari tanya-jawab terseut, akhirnya udin mengetahui dimana letak kantor POS. Dari tanya jawab tersebut terjadilah suatu komunikasi dua arah antar sipenanya dan yang ditanya.
Komunikasi juga sering kali dilakukan secara tidak langsung, Misalnya Tanto ingin menghubungi bibinya yang sedang berada di Pulau Batam. Untuk itu Tanto harus mengirim surat melalui Kantor POS. Komunikasi melalui surat adalah salah satu contoh komunikasi secara tidak langsung. Marilah kita pelajari berbagai macam alat komunikasi.
                1.      Alat-alat Teknologi  Komunikasi Masa Lalu dan Masa Kini
Pada masa lalu teknologi komunikasi yang digunakan sangatlah sederhana dengan cara memukul alat kentongan atau bedug. Mereka bisa mengerti apa yang dimaksud. Misalnya mau kerja bakti, setelah alat kentongan itu dipukul, maka orangpun berkumpul dan bekerja disuatu tempat. Bedug dipukul, Maka para jemaah masjid berkumpul untuk salat.
Saat ini sudah banyak hasil teknologi komunikasi yang terjangkau dan dapat dibeli oleh masyarakat. Orang dapat menggunakan telepon atau HP untuk berkomunikasi bahkan masa kini sudah banyak digunakan teknologi internet. Alat-alat komuniksi tersebut masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

                                      Gambar. berbagai jenis telepon                                                                                                  
a.      Alat Komunikasi Masa Lalu
No
Alat Komunikasi
Kelebihan
Kekurangan
1.
2.
3.
4.
Terompet Kerang
Kembang api
Kentongan
Merpati pos
Biayanya sangat murah, sebab hanya mencari di pantai
Biaya murah, dengan cara menyalakan ala ni dengan panah di udara
·      Mudah cara menggunakannya
·      Murah harganya kaeran dapat dibuat dengan kayu dilingkungannya
Biaya murah, cukup dengan memiliki burung itu
Jika tempat yang dijangkau jauh tidak terdengar
Kalau waktunya tidak tepat orang tidak bisa melihat isyarat itu
Tidak dapat menjangkau suara untuk tempat yang dijangkau jauh,
·   Jika tempat yang dijangkau, burung itu suka ridak sampai
·   Kadang menjai mangsa predator lain sehingga surat tidak sampai
b.      Alat Komuniksdi Masa Kini
No
Alat Komunikasi
Kelebihan
Kekurangan
1
2
3
.
TV
Telegram
Radio
· Murah harganya
· Mudah disetel
· Untuk hiburan
· Pesan cepat sampai pada tujuan
· Harga murah
· bentuk kecil
· Dapat dibawa kemana-mana
· mudah disetel
Sulit diseetel jika tidak ada listrik atau aki
Biaya lebih mahal
Dapat disetel, tergantung adanya siaran
 
c.      Cara menggunakan alat komunikasi masa lalu dan masa kini
No
Alat Komunikasi
Cara Menggunakan
1
2
3
4
5
Radio
Kentongan dan bedug
Merpati pos
Berkuda
surat
Disetel
Dipukul
Dikalungkan dileher atau ditaruh dibagian ekor
Menaiki punggung kuda
Diberi perangko dan dikirim ke kantor pos
 
                  A.    PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI
Kendaraan yang digunakan untuk pergi dan pulang beraktivitas disebut alat trnsportasi. Alat transportasi disebut pula sarana pengangkut. Saran pengangkut sangat  dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengantar kesekolah, kepasar, kekantor, keluar kota, atau daerah dan bahkan luar negeri. Dengan demikian terjadilah perpindahan orang dari satu tempat lain atau disebut mobilitas manusia. Selain itu alat transportasi juga digunakan untuk angangkut hasil–hasil pertanian, industri dan perkebunan dari suatu tempat ketempat lain disebut dengan mobilitas barang.
Oleh karena itu, untuk menunjang segala kelancaran mobilitas manusia dan mobilits barang, pemerintah sebaiknya membangun sarana-sarana perhubungan baik yang berupa pelebaran jalan, memperbanyak pelabuhan-pelabuhan laut serta memperbanyak bandara atau airport.
                  1.      Jenis- Jenis Teknologi Transportasi Masa Lalu Dan Masa Kini
Pada masa dahulu alat transportasi tidak seperti sekarang. Banyak cara alami yang dapat dipergunakan, sehingga tidak menimbulkan pencemaran baik udara, air, ataupun lingkungan. Dengan kemajuan teknologi, maka teknologi transportasi pun dapat berkembang dengan cepat.
Secara garis besar trnsportasi dapat dibedakan ats transportsi darat, air, dan udara. Pada masa lalu orang hanya menggunakan transportasi  darat dan juga air. Tansportsi air meliputi sungai, danau, dan laut. Adapun transportasi darat adalah jalan raya dan kereta ap. Disamping itu transportasi udara masa kini menggunakan pesawat terbang.
            a.      Transportasi masa lalu
          1.      Pengunaan tenaga angin
sudah digunakan sejak zaman nenek moyang, Mereka datang dari tempat asalnya yaitu yunani dengan memakai perahu layar yang digerakkan oleh tenaga angin. Tentu saja ini tidak akan menimbulkan pencemaran udara. Kekurangan perahu layar ini adalah hanya bisa digerakkan jika ada angin. Jadi membutuhkan waktu lama untuk sampai ketujuan.
         
                                                              gambar perahu layar
2.      Menggunakan tenaga orang
Tenaga orang digunakan untuk mengangkut barang dengan cara dipikul, digendong, ditaruh di atas kepala, didorong ( gerobak dorong), digotong bersama, dipondong doa atas pundak, dan lainnya. Adapun kelebihannya adalah keterbatasan para tenaga, serta lamanya waktu yang dibutuhkan.
                                                       gambar orang sedang memikul beban
3.      Menggunakan tenaga hewan
Dimasa lalu alat transportasi banyaj mengunakan tenaga binatang. Diantaranya sampai kini masih terlihat di desa-desa. Misalnya dokarm cikarm sado, gajah,dan lainnya. Saat ini nagkuta binatang masih dipertahankan untuk keperluan wisata, seperti kereta kuda dan naik gajah.
Dengan menggunakan tenaga binatang, ongkosny akan lebih murha dan tidak menimbulkan polusi udara. Adapun kekurangannya adalah terlalu lama sampai di tmpat tujuan.
4.      Menggunakan aliran air
Dimasa lalu aliran sungai dimanfaakan sebagai alat transportasi. Biasanya menggunakan rakit bambu atau perahu lesung. Yang diangkut adalah kayu dari hutan dna juga hasil hutan lainnya. Aliran air yang bisa digunakan adalah aliran air yang tenang dan stabil, serta airnya yang dalam
Kelebihan angkutan aliran air ini adalah ongkosnya murah. Adapun kekurangannya adalah waktu tempuhnya terlalu lama dan sangat tergantung pada aliran air.
gambar. kayu gelondongan yang diangkut dengan memanfaatkan aliran sungai
5.      Menggunakan tenaga uap
Pada masa lalu kereta api tenaga uap sangat penting untuk transportasi, khususnya didarat, diplau Jawa, kereta api ini dapat menghubungkan kota-kota disekitar wilayah tersebut. Bahan bakar utamanya adalah kayu dan batu bara.
Kelebihan kereta api tenaga uap adalah dapat menarik beban yang sangat berat. Adapun kekurangannya adalah terlalu lama jika dibandingkan dengan kendaraan bermesin masa kini.
b.     Tranportasi Masa Kini
Pada saar sekarang ini banyak diciptakan alat-alat transportasi yang lebih canggih. Kecepatannya tinggi dan tempatnya lebih nyaman. Saat ini untuk angkutan darat ada kelas-kelas tertentu yang telah disediakan, misalnya kelas ekonomi, kelas bisnis, kelas eksekutif, dan super eksekutif. Untuk kelas ekonomi fasilitas kendaraan yang disediakan kurang lengkap. Kelas bisnis dilengkapi dengan alat pendingin berupa AC, kelas eksekutif dan super eksekutif dikengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti AC, toilet, dam lainnya,
Untuk angkutan laut juga disediakan kapal-kapal laut yang melayani kelas-kelas seperti juga angkutan darat.
Alat transportasi yang tercanggih pda masa ini adalah pesawat terbang. Untuk berpergian antara kota-kota besar di Indonesia saat ini sudah disediakan angkutan udara. Jarak yang jauh dapat ditempuh dengan waktu yang singkat. Jika kita akan cepat sampai ke tujuan.
 
gambar. jenis-jenis alat transportasi yang sampai kini masih digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar